Saturday, October 25, 2008

Konferensi mu'jizat angka

Akan diadakan Konferensi internasional pertama seputar mu’jizat angka dalam al Qur’an, hal ini terinspirasi oleh firman Allah (yang artinya) “dan Dia menghitung segala sesuatu satu persatu” (Qs. al Jin: 28)
Tema konferensi : “Mu’jizat angka dalam al Qur’an: sebuah terobosan dalam metode da’wah”.

Tempat: Auditorium fakultas sastra dan ilmu humaniora universitas Mohammed V Rabat Maroko. Waktu: tanggal 7 - 9 November 2008 bertepatan dengan 9 - 11 Dzul Qo’dah 1429 H.

Di antara tujuan konferensi:
1- Upaya untuk menjawab kritik dan pertanyaan seputar rahasia penyebutan angka-angka dalam al Qur’an 2- Menciptakan kerangka pembahasan dan target kajian secara komprehensif berkaitan dengan bidang “mu’jizat angka” 3- Menjadikan manfaat “mu’jizat angka” dalam al Qur’an sebagai metode da’wah di era teknologi digital. 4- Mensosialisasikan kepada komunitas intelektual dan sarjana muslim di dunia (khususnya yang konsentrasi di bidang kajian al Qur’an) akan urgensitas kajian al I’jaz al Adadi (kemukjizatan angka).

Informasi lanjut bisa diakses di situs penyelenggara, yaitu Lembaga Keilmuan Maroko untuk kajian mu’jizat ilmiyah dalam al Qur’an dan as Sunnah. (http://www.comijaz.org/)

Follow up:
Melalui konferensi internasional yang pertama dalam bidangnya ini, diharapkan akan lahir satu disiplin keilmuan baru, cabang dari kajian ilmu al Qur'an, yaitu ilmu al I'jaz al Adadi (ilmu kemukjizatan angka).

Tapi sayang, saya tidak bisa ikut menghadiri acara tersebut, karena pada tanggal 29 Oktober ini, saya harus terbang ke Saudi Arabia dalam rangka tugas Misi Haji Indonesia 2008-2009 selama kurang lebih tiga bulan. Maka, bagi yang berminat dan memiliki kesempatan menghadiri “momen penting” ini dipersilahkan saja…